• SMAN 3 SIDOARJO
  • Jujur dan Berprestasi

WUJUDKAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI SMAN 3 SIDOARJO LAKUKAN WOKRSHOP UNTUK SIAP DALAM IMPLEMENTASINYA

Sidoarjo – Diferensiasi pembelajaran sebagai upaya sekolah untuk memberikan nilai tambah bagi output sekolah ke depan. Prinsip diferensiasi dalam pengembangan kurikulum dimaksudkan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan pada satuan pendidikan dengan kondisi dan kekhasan potensi tertentu.  Ada tiga faktor yang menyebabkan diferensiasi perlu dilakukan. Ketiga faktor itu yakni diferensiasi konten,  produk, dan proses.  Latar belakang keberagaman inilah yang menjadi dasar untuk melakukan diferensiasi kurikulum dalam rangka mendukung pelaksanaan personalisasi pembelajaran.

Berkaitan hal tersebut, SMA Negeri 3 Sidoarjo melakukan workshop dan implementasi rancangan pembelajaran berdiferensiasi dan pengembangan modul projek. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Meeting (13/10 dan 19/10). Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Kepala Sekolah Dr. Ristiwi Peni, M.Pd. Dalam sambutannya Ibu Dr. Ristiwi Peni, M.Pd. mengungkapkan bahwa setelah ditunjuknya SMA Negeri 3 sebagai pelaksana Sekolah Penggerak, semua komponen harus menyesuaikan diri dengan regulasi yang baru. “Penting kiranya untuk mengetahui, memahami, dan melaksanakan seperti yang ditentukan dalam Program Sekolah Penggerak,” ujar Kepala Sekolah SM Negeri 3 Sidoarjo menegaskan.

Kegiatan tersebut meliputi pembahasan dan perancangan peningkatan kualitas implementasi projek PPP, assesmen projek PPP, dokumen penyelenggaraan projek PPP, strategi implementasi pembelajaran berdiferensiasi, dan assesmen pembelajaran. Kegiatan tersebut mengundang Ibu Pengawas Satuan Pendiidikan SMAN 3 Sidoarjo,  Dra. Ernesta Dwi Winasis, M.Pd.

Dalam pengarahannya, beliau mengutarakan implementasi pembelajaran sekolah penggerak harus benar-benar memperhatikan anak dan  tingkat pemahaman siswa. Untuk itu,  perlu disiapkan pola pembelajaran yang berbasis tingkatan dan assesmen yang diberikan juga harus berbasis tingkatan. Dalam waktu yang sama, beliau juga menuturkan bahwasanya perlu dilakukan diagnostik pembelajaran di awal kegiatan PBM. Diagnostik ini bertujuan untuk melihat kesiapan anak-anak dalam pembelajaran dan tingkat pemahaman personal siswa terhadap topik pembalajaran yang akan diterima.

Pembelajaran diferensiasi ini merupakan penyederhanaan agar siswa memiliki waktu yang memadai untuk menguasai capaian pendidikan.  Guru dan sekolah bisa lebih leluasa untuk menyesuaikan pembelajarannya sesuai dengan kondisi siswa. Peserta didik memiliki kesempatan untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (Teaching at The Right Level), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajarnya karena CP dibuat dengan memperhatikan fase-fase perkembangan anak. Teaching at the Right Level merupakan  salah satu semangat di merdeka belajar. Di mana pengajaran pada peserta didik disesuaikan dengan tingkat capaian atau kemampuan awalnya. Guru melakukan assesmen terhadap level pembelajaran peserta didik, mengelompokkannya sesuai dengan yang memiliki tingkat capaian dan kemampuan yang serupa, dan memberikan intervensi pengajaran dan beragam aktivitas pembelajaran sesuai dari level pembelajarannya tersebut. Jadi pesrta didik  tidak dianggap sebagai sekelompok anak general yang memiliki pemahaman yang sama. Dengan bahasa yang sederhana, pembelajaran dilaksanakan dengan melihat kemampuan pemahan setiap peserta didik. (Deni A)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat

"7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat" adalah gerakan yang dicetuskan oleh Kemendikdasmen untuk membentuk karakter anak Indonesia yang unggul. Tujuh kebiasaan tersebut adalah: b

10/07/2025 18:43 - Oleh misbah - Dilihat 794 kali
Pemberitahuan pengambilan Ijazah Alumni

Yang terhormat kepada Bapak/ Ibu orangtua Alumni, Alumni yang belum mengambil Ijazah, agar segera mengambil Ijazahnya di SMAN 3 Sidoarjo

06/01/2025 18:47 - Oleh misbah - Dilihat 654 kali
MPLS Peserta Didik Baru Tahun Pekajaran 2024 - 2025

01/07/2024 07:47 - Oleh misbah - Dilihat 3715 kali
Kegiatan Perlombaan SMA Negeri 3 Sidoarjo " Troist Cup 2024 "

Troist Cup 2024 atau Tria Oist merupakan Event tahunan yang diadakan oleh OSIS- MPK SMA Negeri 3 Sidoarjo yang dihadiri oleh segenap dewan guru, karyawan, siswa siswi, serta peserta lom

11/03/2024 19:08 - Oleh Deni - Dilihat 1945 kali
Sejarah Lokal Biografi dan Kisah Tokoh Lokal Sidoarjo

Kenalkah kalian dengan R.A.P Tjokronegoro dan Dewi Sekardadu ?? Nama R.A.P Tjokronegoro dan Dewi Sekardadu memang terasa asing di telinga generasi muda saat ini, dikarenakan kedua toko

23/08/2023 09:25 - Oleh Deni - Dilihat 3827 kali
DREICAMPEX 2023 “SIAP TAKLUKAN DUNIA” PERSIAPAN KEJENJANG AKHIR MENUJU JALAN KESUKSESAN

Sman3sda - Dreicampex 2023 yang diadakan pada tanggal 16-17 Januari 2023 di Aula SMAN 3 Sidoarjo merupakan event memperkenalkan berbagai universitas, poli teknik, dan kedinasan di Indon

21/01/2023 21:13 - Oleh Deni - Dilihat 1172 kali
Daftar Peserta Didik Eligible SNBP Tahun 2023

   Daftar Peserta Didik Eligible SNBP Tahun 2023 SMAN 3 SIDOARJO    

10/01/2023 16:51 - Oleh misbah - Dilihat 9786 kali
HASIL GEMILANG SMAN 3 SIDOARJO MEMPERTAHANKAN AKREDITASI SEKOLAH A “UNGGUL”

Perubahan status sekolah SMAN 3 Sidoarjo menjadi sekolah penggerak menambah keyakinan terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Untuk itu, masyarakat perlu memperoleh informasi tentang st

21/12/2022 13:13 - Oleh Deni - Dilihat 3513 kali
PENGUMUMAN LULUSAN TAHUN 2022

05/05/2022 08:56 - Oleh misbah - Dilihat 2095 kali
SMA 3 Sidoarjo Dukung Kelurahan Sekardangan dalam Lomba Berseri Mandiri Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022

Sebagai wujud kepedulian instansi terhadap kebersihan lingkungan, Kelurahan Sekardangan Sidoarjo menginstruksikan kepada seluruh RT/RW dan instansi sekitar kelurahan untu

10/03/2022 13:49 - Oleh Deni - Dilihat 1524 kali