Sejarah

 

         SMA Negeri 3 Sidoarjo merupakan peralihan fungsi dari  SPG (Sekolah Pendidikan Guru)yang berada di Jl. Sultan Agung No. 09 Sidoarjo,menjadi SMA pada tahun pelajaran 1989-1990 sesuai dengan SK Mendikbud RI No. 0342/V/1989 tertanggal 5 Juni 1989. Tanggal ini pula yang kemudian diyakini sebagai tanggal kelahiran SMA Negeri 3 Sidoarjo.Sampai dengan tahun 1992 dimana semua siswa SPG telah menyelesaikan masa belajarnya,tercatat SMA Negeri 3 Sidoarjo menyelenggarakan pendidikan untuk 15 rombongan belajar dengan 10 ruang  kelas yang tersedia. Pada saat itu SMA Negeri 3 Sidoarjo dipimpin oleh Drs.H.Sumardjo melaksanakan Kurikulum 1984 dan menyelenggarakan 3 (tiga) Jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa.

SMA NEGERI 3 Sidoarjo Tahun 90-an

         Merujuk pada SK Kakanwil Depdikbud Propinsi Jawa Timur No. 10045/04/C/1992/SK. tanggal 24 Agustus 1992dilaksanakan serah terima kepala Sekolah SMA Negeri 3 Sidoarjo dari Drs. H.Sumardjo kepada  Drs. H. Sholeh Anwar.Dalam masa kepemimpinan beliauterjadi rencana relokasi gedung SMA Negeri 3 Sidoarjo yang ketika itu status tanahnya terkena garis sempadan. Disamping itu kondisi gedung sudah tua bahkan sebuah kelas sempat dirobohkan karena sudah membahayakan. Mengingat kondisilahan yang tidak mungkin lagi diperluas, pemerintah membangun gedung sekolah yang lebih memadai di kawasan Sooko Sidoarjo. Akan tetapi, dalam rangka mempertahankan kualitas pembelajaran dan sebagai sekolah percontohan, Drs. H. Sholeh Anwar berusaha mempertahankan keberadaan SMA Negeri 3 tetap berlokasi di kawasan kota. Pada akhirnya, sekolah baru yang telah dibangun tersebut difungsikan sebagai SMA Negeri 4 Sidoarjo sampai dengan saat ini. Drs. H. Sholeh Anwar memimpin sampai bulan September 1996 karena selanjutnya diangkat menjadi pengawas Dikmen Kanwil Depdikbud Provinsi Jawa Timur di wilayah Kabupaten Lamongan.

         Pada tanggal 1 Oktober 1996 terjadi serah terima jabatan berdasar SK Kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Timur No. 20263/164/C/1996 kepada Kepala Sekolah yang baru, yaitu Dra. Endang Untariningsih, M.Pd. Prestasi sekolah yang telah dicapai oleh pimpinan sebelumnya tetap berlanjut dengan implementasi Kurikulum 1994 dan penyelenggaraan 3 (tiga) jurusan yang ada. Dan dalam perkembangannya yang pesat, gedung  SMA Negeri 3 Sidoarjo yang berlokasi di Jl. Sultan Agung No. 09 Sidoarjo dirasa tidak memungkinkan lagi untuk menampung animo peserta didik. Sehingga pemerintah memutuskan untuk segera memindahkan ke lokasi yang baru.

         Berkaitan dengan upaya mempertahankan kualitas sekolah di wilayah kota, SMA Negeri 3 Sidoarjo kemudian mengadakan koordinasi dengan pihak Pemda Kabupaten Sidoarjo, yaitu bupati Drs. H.Win Hendarso, M.Si. dan  Sekwilda Drs. Ec. H.Salam serta Kepala Depdikbud Kabupaten Sidoarjo Drs. H.Bambang Sudarsono Singgih. Hasil Koordinasi tersebut adalah diterbitkannya SK Bupati Sidoarjo No. 119/890/40405/2000. Menurut SK tersebut, terhitung sejak tanggal3 Oktober 2000, SMA Negeri 3 Sidoarjo yang semula berlokasi di Jl. Sultan Agung No.9 Sidoarjo secara resmi berpindah lokasi ke Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 130 Sidoarjo, sebuah gedung lama yang masih berada tengah kota dikawasan kelurahan Sekardangan.

         Sebelum ditempati oleh SMA Negeri 3, gedung tersebut telah digunakan oleh STM Negeri,  kantor dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya dan Dinas Sosial. Dalam perkembangannya, pembangunan fisik gedung dan fasilitas belajar terus dilakukan selama masa kepemimpinan Dra. Endang Untariningsih, M.Pd. yang dipercaya memimpin SMA Negeri 3 Sidoarjo sampai tahun 2004.

         Selanjutnya sesuai dengan SK No. 821.2/171/404.4.5/2004  tanggal 17 Februari 2004 Kepala Sekolah dijabat oleh Drs. H. Subagyo, M. Si. Dalam sejarahnya, beliau merupakan Kepala Sekolah yang paling lama menjabat yaitu selama 8 (delapan) tahun. Selama kepemimpinan beliau SMA Negeri 3 Sidoarjo melanjutkan berbagai pembangunan sarana prasarana dan meraih prestasi di berbagai tingkat, kabupaten, provinsi, nasional dan internasional. Dengan digulirkannya Kurikulum 2004 (KBK), SMA Negeri 3 Sidoarjo dipercaya oleh Kemendikbudsebagai sekolah rintisan dan menjadi piloting project berbagai program Kemendikbud. Pembinaan langsung yang diberikan oleh Kemendikbud membawa SMA Negeri 3 Sidoarjo kepada status sebagai Sekolah Model, mulai dari Penerapan Kurikulum, Program Akselerasi, Pusat Sumber Belajar, dan SMA Berstandar Nasional (SSN).

         Pergantian kepala sekolah terjadi pada tahun 2012 ketika Drs.H.Subagyo, M.Si yang dimutasi sebagai Kepala SMA Negeri 1 Taman selanjutnya digantikan oleh Dra. Hj.Sri Mudjajanti, M.Pd. melalui SK No. 821.2/169/404.8.1/2012 tanggal  19 Juni 2012.  Pada masa kepemimpinan beliau, gedung sekolah mengalami perombakan besar, dimana hampir semua bangunan lama dibongkar dan dibangun lebih megah dengan dua lantai. Dengan penampilan barunya SMA Negeri 3 Sidoarjo semakin meningkatkan prestasinya pada berbagai bidang dan tingkatan. Sebagai Sekolah Model, SMA Negeri 3 Sidoarjo mulai mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang digulirkan oleh Kemendikbud pada tahun 2013. Bersamaan itu pula SMA Negeri 3 Sidoarjo ditunjuk oleh Bupati Sidoarjo sebagai Satuan Pendidikan Penyelenggara Sistem Kredit Semester (SPP-SKS). Setelah 2 tahun lebih memimpin SMA Negeri 3 Sidoarjo, akhirnya Dra.Hj. Sri Mudjajanti, M.Pd dimutasi sebagai kepala SMA Negeri 2 Sidoarjo.

          Kepala sekolah selanjutnya adalah Drs. H.Sulaiman Suwarto, M.Pd yang berdasarkan SK No. 821.2/208/404.6.1/2014 tanggal 8 September 2014 memimpin sampai dengan tanggal 31 Desember 2016.

Seiring dengan dialihkannya pengelolaan SMA/SMK dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi, terjadi pergantian kepala sekolah berdasarkan SK Gubernur Tgl. ..... Kepala SMA Negeri 3 Sidoarjo sejak tanggal 1 Januari 2017 adalah Bpk. Eko Redjo Sunariyanto, M.Pd sampai saat ini.

 

 

 

 

 

Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus