SMA Negeri 3 Menjuarai Ajang EPSILON Nasional di UGM

Diposting pada: 2017-04-10, oleh : SMA NEGERI 3 SIDOARJO, Kategori: Informasi Sekolah

 

 

 

Kado prestasi nasional kembali sampai di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Dua hari menjelang Ujian Naisonal, dua siswa SMA Negeri 3 Sidoarjo mempersembahkan thropy dan hadiah sebagai Juara I Nasional dalam ajang Engineering Physics for Environtmental Innovation EPSILON Tahun 2017 . Kedua siswa adalah Ihya' Ulumuddin kelas X Mipa 4 dan Era Sukowati Aisya klas X Mipa 5.

 

Keduanya tampil dalam grand Final ajang inovasi di bidang Fisika yang diselenggarakan oleh di Departemen teknik nuklir Dan teknik fisika Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Mereka berhasil mengungguli sembilan peserta lainnya dari Bali, kalimantan, Semarang, magelang, pasuruan, bekasi,  dan Jombang. 

 

Karya tulis Inovasi mereka berjudul "Biobaterai dari daun ketapang dan cangkang telur bebek asin dsebagai baterai ramah lingkungan" dinilai oleh dewan juri sebagai inovasi yang sangat bisa dikembangkan pada masa mendatang berkaitan dengan sumber energi terbarukan. Menurut pembimbingnya, Slamet Budi Cahyono,M.Sc.  dan  Reny kusumawati,S.Si kedua siswa berhasil menampilkan tidak hanya tulisan tapi penyampaiannya juga dengan bahasa yang mudah diterima. "Alhamdulillah mereka mempunyai kepercayaan diri yang baik meskipun masih kelas X. Saya yakin masih ada dua tahun bagi mereka untuk berinovasi lebih lanjut." jelas Reny guru Fisika SMA Negeri 3 Sidoarjo.

 


Semenara itu Ihya' Ulumuddin Ar-Rayyan merasa sangat bersyukur berhasil menjadai Juara Nasional. Putra Nasihin dan Siti Masrukha itu mengaku mempersiapkan penelitiannya sangat maksimal, karena tahu bahwa tema yang diambil oleh tim dari sekolah lain sangat bagus dan innovatif. "Kami tetap percaya diri karena memang ide baterai dengan bahan alami memang sedang trend, jadi kami terus mencari formula terbaik" katanya. 

 

Rekan satu timnya Era Sukowati Aisya juga menambahkan bahwa baterai ciptaannya mempunyai konsep sederhana tapi sangat berguna. Ditanya tentang kesimpulan penelitiannya, puteri Machfud dan Sri Dewi Suproborini ini menjelaskan bahwa setelah melalui berbagai eksperimen diperoleh komposisi yang tidak terduga yaitu antara cangkang telur, daun ketapang dan garam harus berbanding 1:1:1. Ketika ditanya mengapa memilih ketiga bahan itu, Siswi alumni SMPN 4 Waru ini menerangkan, "Daun ketapang mengandung asam humat, sedangkan cangkang telur asin mengandung magnesium dan NaCl."

 

Kepala SMA Negeri 3 Sidoarjo, H.Eko Redjo Sunariyanto ketika menerima berita kemenangan kedua siswanya langsung bersyukur dan berharap kedua siswanya bisa melakukan inovasi lanjutan. Bila perlu produknya dibuat massal dengan hak cipta. Beliau juga berharap agar pihak UGM memikirkan untuk menerima mereka sebagai mahasiswa dari jalur khusus agar mereka bisa terus melanjutkan inovasi di tempat kuliah yang diinginkan. "Mereka masih kelas X dan potensi prestasinya masih sangat besar, semoga ada perguruan tinggi yang mau 'melamar' mereka selepas SMA " kata Eko Redjo Sunariyanto.

(Al)

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus